Pengertian Proxy Server, Jenis, Fungsi Serta Manfaatnya!


Maxindo Content Solution. Proxy server itu apa sih? Yuk mengenal proxy server lebih dalam lagi!

Pengertian Proxy Server

Proxy Server merupakan sebuah sistem yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses jaringan internet memakai IP address berbeda yang diterima perangkat. Sistem seperti ini memanfaatkan proxy server supaya bisa bekerja dengan baik. Proxy untuk server sendiri adalah perangkat atau komputer yang dipakai untuk menyediakan berbagai layanan proxy yang diperlukan pengguna. Dengan begitu, pengguna tetap bisa menggunakan jaringan internet yang dipakai sekarang dan menghubungkannya ke proxy tersebut. Ada banyak proxy yang disediakan di internet dan Anda tinggal pilih proxy yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Mengenal Web Server, Fungsi dan Cara Kerjanya!

Jenis-Jenis Proxy Server

Transparent Proxy
Jenis proxy ini memberi informasi ke website jika koneksi yang dituju menggunakan proxy untuk server dan tetap akan dilanjutkan informasi dengan IP address yang Anda miliki. Karena itu, alamat IP yang Anda miliki jelas terlihat di dunia maya dan tentu saja akan sangat merugikan Anda jika dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab. NB: Demi keamanan lebih baik jangan menggunakan jenis proxy ini.

Anonymous Proxy
Jenis proxy ini bakal mengidentifikasikan dirinya menjadi proxy namun tidak mengirimkan atau meneruskan alamat IP asli yang Anda pakai saat itu. Sebagai gantinya, IP samaran akan diberikan sehingga tidak membuat Anda dicurigai.

Distorting Proxy
Distorting proxy memiliki fungsi yang sama dengan anonim proxy, yakni membuat alamat IP pengguna tidak terlihat. Bedanya, anonim proxy mengubah bagian alamat IP asli, sedangkan untuk jenis proxy ini adalah merekayasa IP address penggunanya. Sedangkan IP address asli yang mereka miliki bisa dilihat melalui HTTP Header.

High Anonymity Proxy
Proxy ini tidak memberi alamat IP untuk setiap penggunanya. Saat pengguna mengakses situs, alamat IP dari pengguna tidak terbaca oleh situs yang bersangkutan maupun internet. Hanya saja pengguna akan terbaca sebagai klien. Secara tidak langsung, jenis proxy ini benar-benar merahasiakan alamat IP pengguna.

Reverse Proxy
Reverse Proxy dipakai untuk menyediakan jalan bagi pengguna internet melalui jaringan pribadi. Fungsi utama jenis proxy ini adalah untuk mencegah user terhubung melalui internet tanpa ada monitor sebelumnya. Proxy ini kerap diaplikasikan perusahaan untuk membatasi pengguna koneksi internetnya. Biasanya sering dipakai untuk jaringan lokal.

Fungsi Proxy Server

Fungsi Connection Sharing
Connection Sharing berfungsi sebagai gateway yang menjadi pembatas antara jaringan lokal dengan jaringan luar. Gateway bertindak juga sebagai sebuah titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Oleh sebab itu, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama.

Fungsi Filtering
Filtering ini memiliki tugas untuk bekerja pada layar aplikasi dengan demikian maka dia bisa berfungsi sebagai firewalll paket filtering yang dapat digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan maupun ancaman serangan dari jaringan luar. Fungsi filtering ini juga dapat diatur atau dikonfigurasi untuk menolak akses terhadap situs web tertentu dan pada waktu-waktu tertentu juga.

Fungsi Caching
Fungsi Caching adalah untuk memproses penyimpanan obyek-obyek yang telah diminta dari server-server yang ada di internet. Dengan mekanisme caching ini maka akan menyimpan objek-objek yang merupakan berbagai permintaan dari para pengguna yang di peroleh dari iternet.

Manfaat Proxy Server

Dapat menyembunyikan alamat IP komputer
Dapat mengakses situs yang diblokir oleh ISP
Memblokir akses ke situs sensitif atau berbahaya
Menyaring cookies yang tidak diinginkan
Meningkatkan keamanan dan privacy pengguna internet

Nah, itulah pengertian proxy server, jenis, fungsi serta manfaatnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu ya!

Baca juga:
Jenis-Jenis Server dan Pengertiannya!
Apa Itu cPanel? Begini Pengertian dan Fungsinya
Pengertian CloudLinux dan Teknologi yang Mendukungnya

Comments

  1. As reported by Stanford Medical, It's indeed the SINGLE reason women in this country live 10 years longer and weigh 42 lbs lighter than we do.

    (And really, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING around "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", not "WHAT"...

    Tap this link to find out if this brief questionnaire can help you decipher your true weight loss potential

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Website Menggunakan Blogger.com

Pengertian VPS dan Jenisnya

Pengertian Fungsi Serta Cara Kerja Mail Server