Pengertian Domain dan Jenisnya!



Maxindo Content Solution. Bagi Kamu yang biasa berselancar di internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya website. Website merupakan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang berisikan informasi, seperti: teks, video, suara, data ,animasi dan lain sebagainya. Lalu apa itu domain?

Baca juga: Pengertian Web Hosting dan Fungsinya

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah identitas website Kamu diinternet yang berupa nama domain unik, yang kamu buat dan hanya kamulah pemilik satu-satunya. Pilihlah nama domain yang singkat dan mudah diingat, contohnya seperti maxserver.co.id. Apakah ada nama website lain diinternet yang sama dengan nama website tersebut? Tentu saja tidak ada, karena website tersebut hanya milik Kami.

Jenis Domain

Domain gTLD
Domain gTLD adalah singkatan dari "Generic Top Level Domain". gTLD ini memiliki sifat global atau umum dan dapat digunakan siapa saja, tanpa adanya persyaratan rumit. Biasanya pada akhiran domain gTLD ini: .COM, .NET, .BIZ, .ORG, .INFO, .TV, .NAME dan lain sebagainya.

Domain ccTLD
Domain ccTLD adalah singkatan dari "Country Code Top Level Domain". tidak jauh berbeda dengan Domain gTLD yang membedakan jenis domain ini adalah berdasarkan pada kode negara. Contohnya, seperti Indonesia yang memiliki kode negara dengan akhiran .id, Amerika dengan kode negara .us dan lain sebagainya.

Nah, itulah pengertian domain dan jenisnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang domain ya!.

Baca juga:
Cara Login cPanel Dengan Mudah dan Cepat
Penyedia Jasa cPanel Murah

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Website Menggunakan Blogger.com

Pengertian VPS dan Jenisnya

Pengertian Fungsi Serta Cara Kerja Mail Server